https://ejournal.stisdarussalam.ac.id/index.php/jpm/issue/feed JURDAR : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 2025-10-26T02:25:45+00:00 LALU HENDRI NURISKANDAR laluhendrinuriskandar95@gmail.com Open Journal Systems <p><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20211022481094700">JURDAR: <em data-start="25" data-end="68">Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPM)</em> </a>adalah jurnal <em data-start="83" data-end="98">peer-reviewed</em> yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Darussalam Bermi. Jurnal ini terbit dua kali setahun dan memuat artikel hasil pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam bidang hukum. JURDAR berfungsi sebagai wadah diseminasi hasil kegiatan pengabdian serta diskusi mengenai metode dan teknik terbaru dalam penguatan masyarakat melalui pendekatan hukum. Artikel diterbitkan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris, dalam bentuk cetak dan daring. Fokus dan ruang lingkupnya meliputi isu-isu hukum dalam pengabdian masyarakat, termasuk topik seperti hukum dan penguatan masyarakat, hukum dan masyarakat, layanan hukum, serta bantuan hukum. ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20211022481094700">2808-5426 (Online - Elektronik) </a>dan <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20211017381030133">2808-5671 (Cetak - Cetak)</a></p> https://ejournal.stisdarussalam.ac.id/index.php/jpm/article/view/330 PENINGKATAN KESADARAN HUKUM KELUARGA ISLAM BAGI REMAJA DAN ORANG TUA DI DESA LINGSAR, LOMBOK BARAT 2025-10-26T02:25:45+00:00 Muhammad Arifin Ahmadsatriasaja@gmail.com <p data-start="188" data-end="756">pegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Desa Banyu Urip, Kabupaten Lombok Barat, melalui pelatihan metode pembelajaran Qur’an yang kreatif dan inovatif. Guru TPQ memiliki peran strategis dalam membentuk generasi Qur’ani yang tidak hanya mampu membaca, tetapi juga memahami dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Namun, masih banyak guru TPQ yang menghadapi keterbatasan dalam hal metode mengajar yang menarik dan sesuai dengan karakter peserta didik usia dini.</p> <p data-start="758" data-end="1240">Pelatihan ini dirancang untuk memberikan wawasan dan keterampilan praktis kepada guru TPQ mengenai berbagai strategi pembelajaran yang interaktif, seperti penggunaan media pembelajaran visual, metode talaqqi dan tikrar berbasis permainan edukatif, serta pendekatan tematik dalam mengajarkan tajwid dan makhraj huruf. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi ceramah, demonstrasi, praktik langsung, serta pendampingan dalam penerapan metode pembelajaran kreatif di kelas masing-masing.</p> <p data-start="1242" data-end="1631">Kegiatan diikuti oleh 30 guru TPQ dari berbagai dusun di Desa Banyu Urip. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam merancang serta melaksanakan kegiatan belajar-mengajar yang lebih variatif dan menyenangkan. Selain itu, para guru juga menunjukkan antusiasme tinggi untuk mengimplementasikan metode baru dalam kegiatan mengajar sehari-hari.</p> <p data-start="1633" data-end="1867">Pelatihan ini berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan Al-Qur’an di tingkat desa serta memperkuat peran TPQ sebagai lembaga pendidikan nonformal yang berkontribusi dalam mencetak generasi muda yang cinta Al-Qur’an.</p> 2025-06-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 JURDAR : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT https://ejournal.stisdarussalam.ac.id/index.php/jpm/article/view/271 PELATIHAN PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH (ZIS) BAGI PENGURUS MASJID DI DESA GUNUNGSARI, LOMBOK BARAT 2025-08-12T01:11:14+00:00 Husnul Hotimah hamdistisda25@gmail.com <p data-start="203" data-end="891">Kegiatan pelatihan pengelolaan dana Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) bagi pengurus masjid di Desa Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas pengurus masjid dalam mengelola dana umat secara transparan, akuntabel, dan sesuai dengan prinsip syariah. Pengelolaan ZIS yang baik berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat fungsi sosial-ekonomi masjid di tengah masyarakat. Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pemahaman sebagian pengurus masjid terhadap tata kelola dana ZIS yang efektif, mulai dari aspek perencanaan, pengumpulan, pendistribusian, hingga pelaporan keuangan.</p> <p data-start="893" data-end="1431">Metode kegiatan yang digunakan meliputi ceramah, diskusi interaktif, simulasi pencatatan keuangan, serta pendampingan langsung dalam penyusunan sistem administrasi ZIS berbasis akuntabilitas. Peserta pelatihan terdiri dari 25 pengurus masjid di wilayah Desa Gunungsari. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terkait konsep dasar zakat, infaq, dan sedekah, mekanisme pengelolaan dana sesuai regulasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), serta kemampuan dalam menyusun laporan keuangan sederhana.</p> <p data-start="1433" data-end="1818">Kegiatan ini memberikan dampak positif berupa terbentuknya komitmen bersama antar pengurus masjid untuk membentuk unit pengelola ZIS tingkat desa yang terkoordinasi dan berkelanjutan. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat menjadi model pemberdayaan ekonomi berbasis masjid yang mendukung pembangunan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan sosial di wilayah Lombok Barat.</p> 2025-06-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 JURDAR : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT https://ejournal.stisdarussalam.ac.id/index.php/jpm/article/view/329 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU TPQ MELALUI PELATIHAN METODE PEMBELAJARAN QUR’AN KREATIF DI DESA BANYU URIP, LOMBOK BARAT 2025-10-24T07:45:13+00:00 Muh. Rizal Hamdi Ahmadsatriasaja@gmail.com <p data-start="188" data-end="756">Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Desa Banyu Urip, Kabupaten Lombok Barat, melalui pelatihan metode pembelajaran Qur’an yang kreatif dan inovatif. Guru TPQ memiliki peran strategis dalam membentuk generasi Qur’ani yang tidak hanya mampu membaca, tetapi juga memahami dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Namun, masih banyak guru TPQ yang menghadapi keterbatasan dalam hal metode mengajar yang menarik dan sesuai dengan karakter peserta didik usia dini.</p> <p data-start="758" data-end="1240">Pelatihan ini dirancang untuk memberikan wawasan dan keterampilan praktis kepada guru TPQ mengenai berbagai strategi pembelajaran yang interaktif, seperti penggunaan media pembelajaran visual, metode talaqqi dan tikrar berbasis permainan edukatif, serta pendekatan tematik dalam mengajarkan tajwid dan makhraj huruf. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi ceramah, demonstrasi, praktik langsung, serta pendampingan dalam penerapan metode pembelajaran kreatif di kelas masing-masing.</p> <p data-start="1242" data-end="1631">Kegiatan diikuti oleh 30 guru TPQ dari berbagai dusun di Desa Banyu Urip. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam merancang serta melaksanakan kegiatan belajar-mengajar yang lebih variatif dan menyenangkan. Selain itu, para guru juga menunjukkan antusiasme tinggi untuk mengimplementasikan metode baru dalam kegiatan mengajar sehari-hari.</p> <p data-start="1633" data-end="1867">Pelatihan ini berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan Al-Qur’an di tingkat desa serta memperkuat peran TPQ sebagai lembaga pendidikan nonformal yang berkontribusi dalam mencetak generasi muda yang cinta Al-Qur’an.</p> 2025-06-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 JURDAR : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT